Buntutan

Buntutan
Kumpul demi kebebasan untuk slalu berkarya

Sabtu, 08 Oktober 2011

Penyelamatan dan proteksi diri dengan Clamav

Dengan berkali2 bersinggungan dengan flash disk dari luar memang kadang kala menjengkelkan apalagi virus-virus itu menjadikan disconek antara hardware ke hardware oleh itu kita coba tanggulangi dengan antivirus melewati ClamAv /KlamAV via linux.
OS yang paling banyak diserang virus yakni OS Windows dan terus mengandakan disaat memyatukan dengan PC2 lain alhasil kerja jadi berantakan.
Antisipasi terhadap virus tetap perlu, untuk si OS Bebas pilihan pertama jatuh pada Clamav (meskipun tidak digunakan) karena filenya lumayan kecil. Untuk menginstallnya cukup tuliskan di terminal sudo apt-get install clamav clamtk, jika komputer tersambung internet. Clamtk hanya diperlukan jika user ingin muncul tampilan clamav di desktop (mode GUI), namun jika hanya ingin menjalankan clamav lewat terminal maka cukup menginstall clamav.



Update database secara default dilakukan otomatis, jika user ingin memaksa update bisa menuliskan sudo freshclam di terminal. Karena secara otomatis install update, maka saya sering tak sadar jika bandwidth internet saya berkurang. Untuk mengatur clamav sesuai kebutuhan edit freshclam.conf di /etc/clamav/freshclam.conf. Sedangkan contoh (konfigurasi) berada di /usr/share/doc/clamav-freshclam/examples. Tapi saya pikir tak perlu menggunakan antivirus di linux.O iya ada yang terlupa, saat saya install Clamtk dari packages Ubuntu tak mendapatkan versi Clamtk terbaru. Untuk mendapatkan versi terbaru Clamtk langsung ke http://clamtk.sf.net.

semoga dapat mengobati lara2 yang terjangkit virus. dan menjadi beraktivitas dengan leluasa kembali setelah berantakan ter serang virus2 (bukan virus cinta anak manusia).he3

Bravo Linuxer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar